Mesin Bubut

mesin bubutJumpa lagi dengan kang ajis, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk sedikit shere tentang apa itu mesin bubut. Mesin bubut adalah sebuah mesin perkakas yang gerak utamanya berputar, digunakab untuk mengerjakan permukaan benda kerja dengan menggunakan sebuah pahat sebagai alat potongnya.gerak utama pada mesin bubut yaitu gerak putarnya di diperoleh atau digerakan oleh sebuah motor yang ada dalam mesin bubut tersebut dengan pengaturan roda gigi dan batang bertingkat sehingga nantinya akan di dapat kecepatan sesuai apa yang kita harapkan.
Bagian-bagian pada mesin bubut :

1.Badan mesin
Badan mesin ini berfungsi sebagai landasan dan dudukan antara bagian atas mesin dan juga bagian bawah mesin serta kaki mesin

2.Meja mesin
Meja mesin disini berfungsi untuk jalur landasan support dan kepala lepas yang nantinya berhubungan langsung ke arah sumbu pusat mesin bubut

3.Poros sumbu utama
Pada umumnya Poros sumbu utama terletak di sisi kiri mesin, poros sumbu utama itu berlubang tembus, sebelah lubang tersebut dibuat tipis di karenakan ini adalah tempat pembawa senter kepala tetap, hal ini akan sangat penting manakala kita sedang Membubut di antara 2 senter.

4.Support
Support bergerak di alas mesin secara melintang, support di gerakan dengan tangan (manual) atau bisa  secara otomatis baik secara memanjang maupun melintang, support dalam mesin bubut ada 3 bagian yaitu eretan memanjang,eretan melintang dan juga eretan pemegang pahat.

5.Kepala lepas
Kepala lepas berfungsi untuk Membubut ketika memakai 2 senter, disamping itu untuk mengontrol setiap saat ketingian mata sayat yang baru di pasang.posisi titik senter kepala lepas dengan senter kepala tetap harus bertemu, untuk mengatur ketepatan senter ini dapat dilakukan dengan cara mengeser bagian atas kepala lepas oleh sebuah mor pengunci

6.Piringan pembawa
Ketika Membubut dengan dua senter kota harus menggunakan Piringan pembawa. Jika benda Yang dibubut besar maka usahakan ada ujungnya yang dapat dijepit oleh piringan pembawa.dengan demikian putaran benda kerja akan lebih terjamin.

7.Gear box
Bagian dimana sumbu utama dengan mekanis penggeraknya tersusun, pada bagian ini ditempatkan mekanis penggatur kecepatan yang di inginkan dengan mengacu pada ukuran benda kerja.

PERLENGKAPAN MESIN BUBUT

1.Cekam bebas
Pada Cekam ini setiap pengaitnya dapat disetel sendiri dan benda kerja yang dijepit dapat mempunyai bentuk yang kita inginkan, biasanya pengaitnya berjumplah 4 buah.

2.cekam menyenter sendiri
Cekam ini banyak digunakan karena pengait cekam dapat menyenter dengan sendirinya, biasanya pengaitnya berjumplah 3.

3.senter bubut
Apabila kita akan mengebor 2 luban senter, mesin harus lah memakai bantuan kepala lepas, pada kepala lepas ini dipasang cekam mata bor dan pengeboran dilakukan dengan memutarkan roda tangan kepala lepas.

4.Kacamata tetap
Berfungsi untuk menahan getaran atau pembengkokan suatu benda kerja yang tajam sedang dibubut dan mempunyai garis tengah yang kecil, kacamata tetap dipasang pada mesin terkait dengan pengikatan baut.

5.Kacamata jalan
Sebenarnya fungsi dari kacamata jalan sama dengan kacamata tetap dan bisa pada waktu pembuatan ulir.kacamata ini di pasang pada support dan bergerak bersama-sama dengan eretan.   

Tag : Pengetahuan
Iklan 655 x 60
1 Komentar untuk "Mesin Bubut"

baru tau aku kalo ada mesin bubut... wah tanks ea gan. lumayan buat tambah pengetahuan seputan dunia mesin

Komentar anda membantu kami untuk maju

Back To Top