Mesin CNC dan Fungsinya, Mari Kenali Lebih Jauh

Mesin CNC dan Fungsinya, Mari Kenali Lebih Jauh


Mesin CNC dan fungsinya, bagi Anda yang belum tahu ini adalah singkatan dari “Computer Numerical Control”, yakni sebuah sistem otomatisasi pada mesin perkakas yang dikendalikan perintah, yang telah diprogram dengan abstrak, kemudian disimpan pada media penyimpanan. Salah satu mesin CNC adalah mesin bubut. Mesin bubut CNC ini sendiri dikembangkan oleh seseorang yang bernama John Pearson pada tahun 1952, Institut Teknologi Massachusetts merupakan tempat asalnya. Mari baca selengkapnya.



Fungsi mesin CNC

Di awal mulanya, projek pengembangan mesin ini dibuat dengan tujuan membuat benda khusus yang kompleks atau sulit. Dikarenakan proses pembuatannya benar-benar rumit, maka pada awal produksi, harga dari mesin ini benar-benar mahal, karena itu sedikit yang mempunyai minat untuk pengembangan lebih lanjut. Tetapi di tahun 1975 – an, produksi mesin bubut yang satu ini mulai berkembang cepat. Karena didorong perkembangan dari mikroprosesor, karena itu volume pengendali pun bisa dibuat lebih mudah dan sederhana.

Mesin CNC untuk Semua Bidang

Belakangan mesin bubut CNC dapat Anda temukan pada semua bidang. Dimulai dari bidang pendidikan sampai dengan bidang riset, bahkan Anda juga dapat menemukannya di dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang mari mengenali apa saja jenis-jenis dari mesin CNC?

Jenis-jenis dari mesin Bubut CNC

Untuk Anda yang masih belum mengerti, apa sajakah jenis-jenis mesin bubut CNC, bisa Anda check di bawah ini:

1. Mesin Frais CNC
2. Mesin Bubut CNC

Kedua jenis mesin CNC di atas memiliki spesifikasi dan fungsi yang tidak sama.

Prinsip kerja

Untuk prinsip kerja NC/CNC jika dilihat secara sederhana, maka bisa diuraikan menjadi berikut ini:

1. Programmer pertama membuat program CNC yang sesuai produk yang mau dibuat menggunakan cara pengetikan langsung di mesin CNC ataupun dibuat di komputer menggunakan software untuk pemrograman CNC.
2. Program CNC itu sendiri, biasa dikenal dengan nama G-Code, yang seterusnya dikirim kemudian dieksekusi processor di mesin CNC yang menghasilkan pengaturan motor servo di mesin dalam menggerakkan perkakas yang akan bergerak untuk melakukan proses permesinan, dengan begitu dapat menghasilkan produk yang sesuai program.

Mesin bubut CNC yang Terbaru

Di mesin bubut CNC yang terbaru, operator dari mesin CNC harus memasukkan program di mesin, dan sebelumnya harus telah memahami gambaran kerja dari komponen yang hendak dibuat di mesin tersebut. Untuk gambar kerja umumnya dibuat menggunakan cara manual, bisa juga dibuat dengan menggunakan komputer dengan memanfaatkan program CAD, atau Computer Aided Design.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang dalam bidang komputer memungkinkan perkembangan software dengan aplikasi gambar teknik, CAD yang telah dapat diminta menampilkan program, supaya berikutnya dikerjakan mesin CNC. Adapun nama aplikasi program itu adalah CAM (Computer Aided Manufacturing), karena itu semakin memudahkan Anda dapat mengoperasikannya.

Masih terkait software CAM. Program yang satu ini biasanya dibuat oleh pabrik pembuat mesin bubut CNC, yang bertujuan dalam mengoptimalkan kinerja dari mesin bubut CNC yang hendak diproduksinya. Apabila memakai software CAM, maka seorang operator bisa membuat gambar kerja yang berasal dari benda yang mau dibuat menggunakan mesin bubut CNC di komputer. Untuk hasil gambar kerja bisa dieksekusi dengan simulasi, melihat pelaksanaan pengerjaan benda kerja pada mesin CNC menggunakan layar monitor. Sekian artikel tentang mesin CNC dan fungsinya, mari kenali lebih jauh, semoga bermanfaat.

Tag : Pengetahuan
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Mesin CNC dan Fungsinya, Mari Kenali Lebih Jauh"

Komentar anda membantu kami untuk maju

Back To Top