4 Cara Agar Ponsel Terhindar Dari Serangan Malware

4 Cara Agar Ponsel Terhindar Dari Serangan Malware
Banyak cara untuk malware masuk ke dalam dan meretas ponsel pintar Anda, salah satunya adalah sewaktu Anda mengunduh dan memasang sebuah aplikasi baru. Mengapa bisa demikian? Karena malware sendiri hidup dan menumpang pada sebuah aplikasi, jadi para pengguna akan bingung dan semakin kesulitan untuk menentukan aplikasi mana yang bebas diunduh dari malware. Mengingat saat ini para pengguna sering sekali mengunduh aplikasi melalui App Google Playstore maupun dari pihak ketiga, jadi semua pengguna wajib dan diharuskan untuk mengetahui cara menghindari malware dengan benar. Nah, berikut 4 cara agar ponsel terhindar dari serangan malware :

1.  Mengunduh Aplikasi dari Laman Terpercaya
Cara pertama yang mungkin perlu Anda lakukan adalah jika ingin mengunduh semua apilkasi apapun sebaiknya lewat jalur yang aman contohnya yaitu melalui Google Play Store. Namun, kita juga masih perlu teliti dan cermat dalam mengunduh aplikasi yang benar-benar aman dalam Play Store, sebelum mengunduh ada baiknya jika membaca review tentang aplikasi tersebut. Tak jarang pada kolom komentar banyak orang yang sudah menulis baik buruknya mengenai aplikasi tersebut.  

2.  Selalu Gunakan OS Paling Baru
Langkah selanjutnya adalah untuk selalu memastikan jika Anda sudah menggunakan sistem operasi versi terbaru yang tersedia pada perangkat Android Anda. Biasanya, Google dan juga smartphone selalu memberikan notifikasi jika terdapat update software terabaru.  Jika sudah muncul update versi baru untuk ponsel Anda, sebaiknya langsung perbarui karena setiap pembaruan disertai dengan perbaikan bug untuk menjaga perangkat agar lebih aman.

3.  Selalu Mengaktifkan VPN saat Menggunakan Wi-Fi Publik
Siapa yang tidak mau atau menolak untuk menggunakan jaringan internet gratis atau Wi-Fi publik? Jawabannya pasti sudah tahu bukan?
Namun pihak perusahaan keamanan yaitu Trend Micro sangat menyarankan bagi pengguna untuk selalu mengaktifkan VPN saat memakai jaringan Wi-Fi publik. Tujuaan dalam menggunakan VPN adalah untuk melindungi data saat perangkat sedang menerima dan mengirimkan data melalui enkripsi.   

4.  Menggunakan Antivirus Terpercaya
Cara terakhir agar perangkat ponsel dapat terhindar dari malware yaitu menggunakan aplikasi antivirus terpercaya dan sudah terbukti. Aplikasi ini berguna untuk membuat perangkat Android Anda tetap aman dari berbagai serangan virus dan masalah lainnya. Anda bisa mulai untuk memilih aplikasi antivirus terpercaya karena terdapat ribuan pada Google Play Store seperti Avast, AVG, Norton, McAfee, Kaspersky, dan masih banyak lainnya. Jangan pernah untuk coba-coba mengunduh aplikasi antivirus gratisan, karena selain lebih rentan terhadap masalah, aplikasi seperti ini biasanya sudah tertanam berbagai malware dan juga spyware yang sangat berbahaya.

Tag : Android
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "4 Cara Agar Ponsel Terhindar Dari Serangan Malware"

Komentar anda membantu kami untuk maju

Back To Top