4 Cara Mendidik Anak Pada Era Digital

4 Cara Mendidik Anak Pada Era Digital
Beruntungnya kita yang hidup pada zaman sekarang ini, karena hidup pada zaman yang sudah serba modern dan berkembang. Salah satu buktinya adalah munculnya ponsel pintar atau yang biasa disebut dengan Smartphone. Benda yang satu ini dapat membantu dalam bidang apapun, mulai dari mempermudah berkomunikasi hingga masalah perkejaan sekalipun. Hampir semua usia pasti memiliki Smartphone, mulai dari anak-anak kecil sampai dengan orang dewasa. Namun, terdapat satu permasalahan yang hingga saat kini sering kita jumpai. Permasalahan tersebut adalah tidak seluruh orang dapat menyikapi kemajuan teknologi dengan bijaksana dan benar. Hal ini dapat berbahaya dan berdampak buruk bagi anak-anak yang belum bisa membedakan mana baik dan mana yang buruknya dari segala bentuk konten yang terdapat pada Smartphone. 
Walaupun Smartphone lebih memiliki banyak dampak negatif jika tidak dapat menyikapinya dengan benar. Tapi, Smartphone juga memiliki beberapa hal positif yang dapat diperoleh bagi sang buah hati. Selain dapat digunakan sebagai media komunikasi, Smartphone juga mampu efektif dalam memeberikan edukasi dalam hal pendidikan dan juga hiburan yang mendidik.   
Disini, Anda hanya perlu menciptakan sebuah kondisi, dimana membiasakan keluarga Anda untuk mengkonsumsi apapun yang baik. Sama halnya, ketika Anda ingin mengatur pola makan yang sehat dan benar untuk memperoleh tubuh yang prima. Berikut 4 cara untuk mengatur pola konsusmsi teknologi yang baik bagi anak Anda.  

1.  Beri batas waktu penggunaan
Disini peran Anda sebagai orang tua sangat penting, Anda harus bisa membantu anak dalam membangun sebuah keseimbangan dan menetapkan batasan dalam menggunakan perangkat smartphone. Sebelum memberlakukan sebuah peraturan dalam keluarga, ada baiknya dibicarakan terlebih dulu. Hal tersebut berguna agar dapat disepakati oleh semua anggota keluarga tanpa terkecuali. Mudah saja, buatlah peraturan sederhana yang dapat keluarga Anda pahami dan mengerti terutama anak Anda. Misalnya saja, menetapkan aturan adanya waktu untuk Family time tanpa ponsel atau menyimpan seluruh benda elektronik saat melakukan kegiatan makan. 

2.  Ajarkan pada anak jadi pengguna yang bertanggung jawab
Media merupakan salah satu edukasi yang dapat memberikan pendidikan yang produktif bagi anak-anak. Anda sebagai orang tua dapat memberikan akses masuk ke konten yang bermanfaat. Seperti halnya e-book, permainan yang mampu mengasah otak, film yang berkualitas, aplikasi bermanfaat, dan juga situs-situs yang memberikan hal positif. Selalu awasi gerak-gerik anak Anda, jangan biarkan mereka mengakses hal-hal yang berbau negatif, sekalipun itu tidak penting sama sekali
.
3.  Beri gambaran negatif tentang multitasking pada anak
Sudah banyak penelitian menyebutkan, jika aktifitas multitasking memiliki dampak kurang baik pada kualitas pekerjaan. Terutama bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, pastinya tahu jika membantu anak untuk tetap fokus merupakan hal terpenting. Maka dari itu, ajarkan anak Anda sejak dini untuk mengelola setiap tugas mereka dengan baik dan fokus. Ajarkan juga anak Anda, untuk menghindari pemakaian smartphone ketika melakukan suatu pekerjaan.  

4.  Menjadi panutan bagi anak
Bagi Anda orang tua, sangat dianjurkan bisa menjadi panutan atau contoh bagi anak-anaknya. Jika Anda suka memerintah sesuatu pada anak Anda, namun Anda tidak terlibat atau tidak memberi contoh sebagaimana mestinya, maka yang terjadi adalah hanaya akan membuat anak Anda bingung. Mulailah dengan memeberi tahu pada anak, seperti apa konsumsi media yang bertanggung jawab dan patut untuk ditiru. 
 
 
Tag : Tips
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "4 Cara Mendidik Anak Pada Era Digital "

Komentar anda membantu kami untuk maju

Back To Top